Senin, 13 Agustus 2012

Driving Without Borders - Jeep Compass 2012


Bicara mengemudikan sebuah mobil, tentu siapa saja berharap tak ada batasan apapun. Tapi terkadang pabrikan mobil membuat kendaraan dengan spesifikasi tertentu yang membuatnya tak bisa "hidup di dua alam". Tapi bagi Jeep Compass, keterbatasan itu bukan harga mati!
Kalau sedikit kilas balik tentang sejarah Jeep Compass, inilah crossover SUV pertama yang dibuat Jeep pada 2007 silam. Compass memang menjadi kendaraan entry level dari Jeep seperti halnya Patriot. Mengalami perubahan pada model year 2012, Jeep Compass menawarkan SUV mewah namun tetap memiliki daya jelajah dua alam. Benarkah? Nih ulasan lengkapnya!

Desain

Jeep Compass merupakan jelmaan Grand Cherokee. Kalau Anda memberikan label seperti itu memang tidak salah. Kesan sedarah dari Grand Cherokee ini paling mudah Anda temukan pada bentuk front grill. Grill berbentuk balok yang tersusuk tujuh buah itu memang identik dengan Grand Cherokee, apalagi bentuk front bumper dan headlamp juga mirip dengan sang kakak. Hanya desain bagian belakang yang membuat mobil ini berbeda dari saudara kandungnya.
Tapi Jeep Compass tetaplah memiliki pribadi yang lain. Dengan panjang 4.448mm, lebar 1.811mm, dan tinggi 1.651mm jelas Compass punya dimensi yang lebih compact dibanding Grand Cherokee. "Jeep Compass more compact and more fun to drive bila kita bandingkan dengan Grand Cherokee," ucap Chief Marketing Officer PT Garansindo Inter Global Rieva Muchsin kepada BosMobil beberapa waktu lalu. Desain yang lebih kompak ini, katanya, menjadikan Compass sangat cocok untuk penggunaan sehari-hari di kota-kota besar seperti Jakarta.
Meski ukurannya lebih mungil, tapi bukan berarti Jeep Compass kalah dalam segi kualitas kemewahan dari Grand Cherokee. Dibagian dalam, interior terbungkus oleh kulit lembut berkelir hitam yang elegan, termasuk jok, trim, hinggga lingkar kemudi. Dashboard dibentuk dengan desain yang simple tapi berkesan kokoh. Sepintas mirip desain dashboard Jeep Patriot. Posisi panel instrument, control AC, hingga head unit dan tuas transmisi juga serupa Jeep Patriot.
Dibagian bangku penumpang belakang nuansa balutan bahan kulit warna hitam juga tetap menjadi pilihan. Posisi duduk hampir serupa dengan penumpang depan, sementara di bagian paling belakang ada ruang penyimpanan barang berkapasitas 600 liter. Kemampuan yang lebih dari cukup untuk mengangkut semua kebutuhan perjalanan Anda.

Performance

Dari balik kap mesin, Jeep Compass mempunya sumber tenaga berkapasitas 2.4-liter Dual VVT 4 silinder. Jantung mesin ini diklaim sanggup melecutkan tenaga 172 hp pada 6.000 rpm dengan torsi puncak ada di 224 Nm @ 4.000 rpm. Sumber tenaga ini serupa dengan yang dipakai pada Jeep Patriot, artinya Anda akan merasakan kinerja yang hampir sama antara Patriot dan Compass.
Tapi kembali saya tekankan jika Compass merupakan model yang punya kepribadian sendiri dan tidak bisa dipukul rata dengan varian Jeep lainnya. Begitupun soal mekanikal. Transmisi 6-speed CVT generasi ke-2 dengan AutoStick pada Compass mampu membuat perpindahan gigi berlangsung halus. Tidak ada gejala menyentak baik ketika dipakai dalam mode automatic maupun saat digeser ke posisi manual. Sangat nyaman untuk perjalanan dalam kota maupun luar kota.
Driving impression yang didapat ketika melakukan pengujian Jeep Compass beberapa waktu lalu ialah Fun to Drive! Mobil ini masih sangat nyaman untuk diajak meliuk-liuk ditengah padatnya lalu lintas kota. Namun ketika melahap jalur bebas hambatan, velg 18 inci memberikan traksi yang mantap. Dimensi bodi yang lebih kecil juga membuat Jeep Compass tidak kesulitan ketika dibawa masuk ke basement pusat-pusat perbelanjaan dengan ruang parkir yang sempit. Dengan demikian istri atau puteri Anda masih bisa membawanya ketika berbelanja ke dept.store.
Compass yang mewariskan DNA tangguhnya mobil-mobil keluaran Jeep juga tidak bisa diremehkan. Meski mobil ini juga diposisikan untuk mereka kaum hawa yang gemar akan kendaraan perkotaan yang macho, Jeep Compass dipersenjatai pula dengan sistem penggerak roda freedom drive II 4WD. Kalau Anda ingin sedikit liar, maka biarkan Jeep Compass menerabas hutan belantara, sungai-sungai dengan aliran air yang rendah, atau bahkan memanjat gunung sekalipun.
Tinggal aktifkan tuas 4WD yang tersembunyi dibalik center console, maka Jeep Compass akan menunjukkan kedigdayaannya sebagai keluarga Jeep. Kalaupun Anda sudah letih nyetir, persilahkan istri atau keluarga Anda yang wanita untuk berganti ada di balik kemudi. Toh jika Anda mengemudikan Jeep Compass tidak ada batasan sedikit pun, mau laki-laki atau perempuan, medan aspal ataupun berbukit, semua pasti bisa!

Comfort

Bukan cuma tampang yang mirip Grand Cherokee, tapi Jeep Compass juga memiliki kenyamanan yang patut diacungi jempol. Secara teknikal, Suspensi Mac Pherson Strut, coil spring, damper, with stabilizer dibagian depan, sementara di belakang ada multi-link independent coil spring dengan stabilizer bisa dipastikan mampu menciptakan bantingan yang nyaman bagi siapa saja yang ada di dalam mobil. Suspensi independent ini juga bisa meredam goncangan berlebih saat menemui median jalan yang berlubang atau ketika diajak mini offroad.
Masih ada lagi kenyamanan yang ditawarkan Jeep Compass, diantaranya Automatic Temperature Control, heat seater, cupholder dengan iluminasi, hingga jok baris kedua yang bisa dilipat sehingga mampu menciptakan bagasi dengan kapasitas yang jauh lebih banyak. Tapi sayang Jeep Compass tidak memiliki cup holder dan box penyimpanan sebanyak Dodge Journey.
Tapi jangan lupakan Electromechanic Sunroof pada mobil ini yang bisa memberikan hembusan hawa sejuk ketika Anda berkendar ke pegunungan. Visibilitas ke depan, samping dan belakang yang baik juga memberikan kenyamanan tersendiri bagi pengemudi. Terlebih lagi jok depan dilengkapi dengan 6-way electric seat adjuster sehingga bisa memberikan posisi duduk terbaik tergantung masing-masing pribadi.

Fitur

Sebagai SUV perkotaan yang sangat bisa untuk diajak bermain lumpur, Jeep Compass diberondong sederet fitur yang sebagian besar berguna menambah kenyamanan pengemudi maupun penumpang di dalamnya.
Dari sisi entertainment misalnya, ada headunit dilengkapi Uconnect yakni sebuah teknologi yang menjembatani media berupa ponsel, radio, pemutar MP3 dan gadged lainnya dalam satu alat. Pada headunit ini Anda bisa memutar siaran radio, CD, MP3 atau bahkan melakukan panggilan telepon.
Head unit juga sudah diperkuat dengan port USB, jack audio, Bluetooth, serta hardisk. Untuk controlnya bisa dilakukan dari lingkar stir atau melalui perintah suara alias voice command.
Agar melindungi Anda dan keluarga selama perjalanan, Jeep Compass juga dipersenjatai dengan banyak fitur-fitur keamanan. Diantaranya 4-wheel Anti-lock Brake System (ABS) yang aktif bahkan saat dimedan offroad, Electronic Stability Control (ESC), front airbags, curtain airbags, seat mounted side airbags, front seat active head resistraints, hingga sensor tekanan angin ban yang terdapat pada panel instrument. Bagian kaca spion juga dilengkapi pemanas yang bermanfaat menepis bulir air dan mencegah pengembunan yang bisa membahayakan pengemudi.

Price

PT Garansindo Inter Global selaku agen resmi pemegang merek Jeep Dodge dan Chrysler menawarkan Jeep Compass 2012 seharga Rp.555 juta off the road Jakarta. Kemampuannya untuk menjelajah dua alam khas ketangguhan mobil-mobil Jeep, jelas membuatnya unggul dibanding Toyota Fortuner, Honda CR-V atau bahkan Chevrolet Captiva.
Dan lagi-lagi Jeep Compass menjanjikan sensasi mengemudi tanpa batas. Mau di jalan beraspal, dalam kota, luar kota, medan berlumpur, hingga menerabas hutan, semua pasti bisa dilakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar