Selasa, 21 Agustus 2012

Wujud Calon Mobil Toyota Rp100 Jutaan di RI


Mobil ini akan mengandalkan mesin 1.000 cc.

Toyota Aygo

Toyota Astra Motor (TAM) akhirnya mau buka suara soal rencana mempersiapkan mobil murah di Indonesia. Meski belum mau membeberkan secara detail, Toyota mengakui jika mobil itu bakal dibanderol sekitar Rp100 jutaan.

Nantinya mobil ini merupakan hasil kolaborasi antara Toyota dan Daihatsu, di mana diproduksi oleh Astra Daihatsu Motor (ADM) dan dipasok ke Toyota. Seperti halnya duet maut Xenia-Avanza dan Terios-Rush.

"Mobil 100 jutaan, tunggu tanggal mainnya saja, kan tinggal satu bulan lagi," kata Presiden Direktur TAM (Toyota Astra Motor) Johnny Darmawan.

Belakangan spekulasi muncul kalau mobil itu kemungkinan Etios atau Liva. Tapi ternyata bukan model tersebut yang disiapkan oleh Toyota. Mereka justru memilih untuk Agyo, city car bermesin 1.000 cc yang telah dipasarkan di Jepang.

Mobil kompak yang kelak diberinama Agia jika sudah dipasarkan di Tanah Air ini miliki kapasitas 5 penumpang. Diharapkan mobil murah Toyota-Daihatsu bisa memulai debut di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012 pada September.

Kehadiran mobil murah Toyota sebenarnya tinggal menunggu keluarnya regulasi program pemerintah soal mobil murah dan ramah lingkungan Low Cost and Green Car (LCGC).

Namun belakangan, fokus pemerintah justru terbelah dan melirik teknologi lain untuk dikembangkan ke Indonesia, yakni mobil hibrida dan listrik. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar