Sabtu, 11 Agustus 2012

Toyota Grand New Fortuner VNT Ramaikan Pasar SUV Sport.


Kehadiran Toyota Grand New Fortuner bermesin VNTurbo Intercooler pastinya membuat sebagian pemilik Fortuner diesel generasi sebelumnya sedikit merengut iri, namun tak hanya itu saja rival yang bermain di kelas yang sama dengan mesin diesel juga pasti kebakaran jenggot.

Seperti yang telah diceritakan sebelumnya, Toyota menyematkan teknologi VNT Intercooler yang sama dengan kepunyaan Toyota Hilux ke dalam Fortuner. Otomatis baik dari sisi performa meliputi power dan torsi juga meningkat cukup drastis.


Dari sosok tampilan, Grand New Fortuner VNTurbo memang tak ada yang berubah, selain dari adanya Hood Scoop layaknya Hilux, dan juga emblem VNTurbo di bagian belakangnya.


Tapi dibalik engine hood, selain mesin 2 KD-FTV berkapasitas 2.5L D-4D common rail kini VN Turbo lengkap dengan intercooler turut dibenamkan. Teknologi Variable Nozzel vane Turbo (VNT) diklaim mampu memberikan tekanan udara lebih besar pada putaran mesin rendah ketimbang turbocharger biasa yang berukuran sama dengan intercooler.
Meski belum mencobanya secara langsung dan pastinya membuat penasaran, pihak TAM mengklaim bahwa kenaikan power dan torsi dari Fortuner bertambah hingga  menjadi 144 Ps/3400 rpm meningalkan power sebelumnya yang hanya 102 Ps/3400 rpm. Sedangkan torsi yang dikeluarkan juga meningkat dari yang sebelumnya hanya 26.5 kgm sekarang jadi 35.0 kgm.

"Bila dulu kami menyediakan Fortuner dengan mesin bensin 2.7L untuk para pecinta performa dan juga diesel 2.5L untuk mengejar efesiensi, kini dengan adanya VNTurbo Intercooler pada mesin Fortuner diesel, pengguna bisa merasakan performa mesin yang gahar sekaligus efesiensi dalam berkendara," ucap Jhonny Darmawan selaku President Director PT TAM.

Hmmm...mengiurkan bukan untuk seukuran SUV 4X2 dengan bobot yang bongsor pastinya akan terimbangi dengan tambahan tersebut. Belum lagi dengan penawaran harga yang hanya naik 10 juta dari model diesel sebelumnya. Kini Toyota Grand New Fortuner resmi dibandrol mulai dari 387-421,9 jutaan, naik sekitar 10 jutaan dari harga lamanya.


Bila dibandingkan dengan kompetitor layaknya Mitsubishi Pajero Dakar mungkin hanya berbeda tipis dalam masalah torsi yang dihasilkan, cuma Pajero unggul dalam hal output yang mencapai 178 pada 4000 rpm. Tapi dilihat dari segi finansial, Toyota menawarkan harga yang lebih ramah ketimbang Mitsubishi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar