Sabtu, 11 Agustus 2012

Low N Middle MPV Hangat Jelang Mudik


Mudik alias pulang kampung memang menjadi sebuah tradisi jelang Lebaran di Indonesia. Sebagian masyarakat yang tinggal di perkotaan layaknya Jakarta kerap kali melakukan perjalan jauh menuju kampung halaman untuk dapat merayakan Lebaran bersama keluarga.

Salah satu faktor penting penunjang mudik tersebut adalah mobil yang kerap kali menjadi transportasi favorit pilihan keluarga menuju kampung halaman. Bila ditanya mobil apa, sudah pasti kebanyakan memilih kendaraan jenis keluarga yang layaknya MPV karena selain dapat menampung lebih banyak juga memiliki keistimewaan sendiri dalam hal kenyamanan.


Maraknya kendaraan MPV di tanah air menjadikan konsumen kaya akan pilihan, namun bila dibatasi dalam segi finansial maka pilihan yang terjadi adalah MPV baru di atas dan di bawah 200 jutaan. Lalu apa saja mobil yang sekiranya cocok untuk diajak mudik dan tak hanya mengandalkan sisi kenyamanan juga kelapangan namun juga efesiensi bahan bakar.

Diawali dengan MPV di bawah 200 jutaan, karena konon kendaraan MPV di bawah 200 jutaan menjadi idola bagi masyarakat menengah. Dari pasar low end MPV ini timbul beberapa pilihan layaknya Toyota Avanza, Daihatsu dengan Xenia, Luxio dan Grand Max, Suzuki Ertiga, dan juga Nissan Evalia. Meski sebelumya telah lebih dulu membahas MPV low end ini dalam "Ragam MPV Ramah Budget" tapi rasanya topik ini masih pantas untuk diperbincangkan, berikut kilas pandangnya ...


Toyota Avanza konon menjadi salah satu pilihan yang banyak digandrungi, selain dari sisi harga, dimensi yang kompak dan dapat menampung hingga 7 penumpang dewasa, Avanza juga banyak diungulkan dalam hal keiritannya. Tak salah bila sebagian orang memilih menggunakan Avanza untuk mudik, tapi ada minus yang harus diperhatikan juga, dalam hal keselamatan Avanza tidak dilengkapi dengan airbag. Kisaran Harga Toyota Avanza di mulai dari Rp 145 hingga Rp 182 jutaan.


Begitu juga dengan saudaranya, Daihatsu Xenia, meski hadir dengan harga yang lebih terjangkau dan memiliki kapasitas mesin yang lebih kecil tapi Xenia menawarkan sisi konsumsi bahan bakar yang sedikit lebih irit (sesuai pengunaan), tapi lagi-lagi minus dalam hal keselamatan dengan tidak adanya airbag. Namun begitu, DAihatsu memiliki line up yang lebih banyak bila bicara MPV low end, karena selain Xenia masih ada dua jagoan lainya, yaitu Luxio dan Grand MAx. Kisaran harga Luxio mencapai Rp 143 - 179 sedangkan untuk Grand Max jauh lebih bersahabat yaitu Rp 118 - 134 tapi tentunya dengan tak bisa dibandingkan secara fitur dan kenyamanan.


Sedangkan tawaran mengiurkan lainya datang dari Suzuki yang hangat dengan Ertiganya. MPV low End Suzuki ini lumayan meyita banyak mata masyarakat, mulai dari segi desain yang lebih modern, sisi kenyamanan, keselamatan, kelapangan, performa juga efesiensinya. Ertiga datang dengan pilihan harga berkisar Rp 143-165 jutaan, namun sayangnya baik dari varian bawah hingga atasnya tak dilengkapi dengan opsi transmisi otomatis.


Sedangkan pilihan terakhir bagi MPV baru adalah Nissan Evalia. Nyaman, lapang dan juga ramah BBM, Nissan menawarkan low end MPV Evalianya dengan ragam pilihan tipe yang hargan kompetitif yang dimulai dari Rp 145-185 jutaan. Minusnya, MPV Nissan ini tak dilengkapi dengan open window bagi penumpang baris kedua dan juga blower ac untuk varian bawahnya. Sedangkan untuk varian teratas meski telah dilengkapi dengan blower AC bagi penumpang belakang, namun fitur open window atau bukaan jendela dirasa sedikit jangal.


Cukup dengan MPV di bawah 200 jutaan, giliaran masuk ke MPV diatas 200 sampai 300 jutaan. Meski rata-rata masih di mainkan oleh APM yang sama namun tentunya bicara soal kenyamanan juga keselamatan MPV diatas 200 juta jauh lebih mengiurkan bagi sebagian orang yang memiliki uang lebih juga tentunya.


Di sini Toyota cukup mendominasi dengan Grand New Innova. Baik sisi kenyamanan dalam berkendara bagi penumpang dan juga ragam fitur yang ditawarkan Innova dapat memenuhi hal tersebut. Dari sisi efesiensi, sudah tentu memang berbeda dengan low MPV tadi, karena secara teknis kapasitas mesin pun juga lebih besar. Untungnya Toyota menyiapkan Innova yang dibandrol dari kisaran Rp 195 - Rp 305 juta untuk varian top levelnya dengan dua tipe mesin, bensin dan diesel. So, Anda bisa mengakomodir sendiri mana yang jauh lebih efesien.


Tawaran lain datang dari kubu Honda Prospect Motor dengan New Honda Freed yang merupakan MPV 7-seater dengan tampilan yang modern. Menawarkan tingkat kelapangan dan kenyamanan bagi pengendara juga penumpangnya Freed juga menjadi salah satu alternatif pilihan mudik yang banyak diincar sebagain banyak orang. Belum lagi dengan fun to drive yang di timbulkan dari sisi handling yang bersahabat membuat mobil ini seakan nyaman untuk dikendarai jarak jauh. HPM menawarkan Freed mulai dari harga 210-261 jutaan. Minus yang kami dapati dari Freed adalah sisi performanya yang sangat kurang, terlebih ketika mobil diisi dengan penumpang penuh.


Tak ketinggalan Nissan masih memiliki MPV lainya yang bermain dikelas menengah, Grand Livina Autech yang datang dengan dua pilihan kapasitas mesin 1.5 dan juga 1.8. Nissan membandrol Livina Autech dengan harga mulai dari Rp 202 - Rp 243 jutaan, sedangkan masalah sisi kenyamanan dan performa boleh diadu dengan MPV lainya meski memang dalam hal desain Livina memiliki dimensi yang lebih ramping.


Sekarang tinggal menentukan pilihan, mobil mana yang sekiranya menjadi teman sahabat mudik Anda ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar